Pages

Subscribe:

Kamis, 22 November 2012

Teks Pidato



Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Yth. Kepala SMA Negeri 2 Wonosari,
Yth. Bapak Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 2 Wonosari
Yth. Para tamu undangan dan teman-teman yang berbahagia.
Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya kita dapat berkumpul di ruang ava ini dalam rangka mempengeringati ulang tahun SMA Negeri 2 Wonosari yang ke-35 dengan keadaan sehat.

Hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini, perkenankanlah saya menyampaikan topik sederhana yang berkenaan dengan kesehatan tubuh manusia, yakni tentang bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan bangsa.
Narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalahgunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya. Bila narkoba telah masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan mempengaruhi tubuh terutama susunan syaraf pusat, gangguan psikis, gangguan fisik dan fungsi sosial. Jenis-jenis narkoba antara lain; morfin, heroin, petidin, ganja, kanabis, mariyuana, kokain, dan masih banyak lagi. Jika seseorang telah mengkonsumsi narkoba, ia akan mudah kehilangan konsentrasi dan ingatan, denyut nadi cenderung meningkat, keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi buruk, ketakutan, mudah panik, depresi, kebingungan, serta sering berhalusinasi.
Hadirin yang saya hormati,
Kita tahu bahwa narkoba hanya akan merugikan diri kita bahkan bisa membunuh masa depan bangsa. Maka dari itu, ada baiknya sejak dini kita menghindari narkoba dan mengajak orang-orang terkasih di sekitar kita supaya tidak terjerumus. Berikut adalah tips untuk menghindari narkoba: pertama, jangan pernah mencobanya walaupun untuk iseng atau alasan lain, kecuali perintah dokter atau alasan medis. Kedua, kuatkan iman, mantabkan pribadi, pakai rasio daripada emosi. Ketiga, jangan menghindar dari problem, tapi hadapi dan atasi persoalan yang ada. Keempat, pilih pergaulan yang aman, jangan yang berbahaya, pilih pula kegiatan-kegiatan positif. Kelima, buatlah keluarga menjadi tempat paling menyenangkan sehingga membuat betah tinggal bersama. Yang terkahir, selalu ingat bahwa ancaman untuk penyalah guna narkoba sangat berat dan narkoba hanya membawa kehancuran. Jika kita melakukan semua tips-tips tersebut, besar kemungkinan kita akan jauh dari hal-hal terlarang seperti narkoba. Akan tetapi, bila seseorang sudah terlanjur menjadi pecandu narkoba, hal yang bisa dilakukan adalah rehabilitasi untuk penyembuhan. Orang tersebut juga harus memiliki niatan untuk mau berpola hidup sehat dan meninggalkan narkoba.
Bapak, Ibu, serta hadirin yang saya hormati,
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila terdapat kata-kata yang salah atau tidak berkenan di hati Bapak, Ibu dan hadirin sekalian. Terima kasih.
Selamat pagi.

*Tugas Bahasa Indonesia kelas X*

0 komentar:

Posting Komentar