Pages

Subscribe:

Kamis, 22 November 2012

Resensi Novel


REMAJA BUTUH PERHATIAN

Judul buku                  : You Are in My Heart
Penulis                        : Monica Petra
Penerbit                      : PT. Andal Krida Nusantara
Cetakan I                    : Desember 2010
Jumlah halaman           : 180 halaman
Tebal buku                  : 1,2 cm
Jenis buku                   : Novel
ISBN                          : 978-979-1038-24-9
Editor                          : Aries Rayaguna Prima
Harga                          : Rp. 55.000,-

Hubungan tak akan pernah berjalan harmonis tanpa adanya sikap saling perhatian. Baik itu hubungan dengan lawan jenis, keluarga atau yang lainnya. Tetapi perhatian yang berlebihan juga bisa tidak diterima karena timbulnya rasa seperti terkekang atau tak bebas akibat tuntutan berlebih atas dasar perhatian.
Hal itu yang terekam dalam novel You’re in My Heart. Sabrina, kembaran Marvel adalah kekasih Travis. Sabrina merasa perhatian Travis tidak seperti dulu lagi. Ia semakin agresif dan posesif terhadap Travis. Travis akhirnya merasa jenuh karena Sabrina yang terlalu banyak menuntut dan manja. Travis juga merasa terkekang lantaran ia tak boleh bergaul dengan wanita lain termasuk Renata, sahabatnya yang juga sahabat Sabrina. Perhatian dan kebebasan yang tak bisa menyatu, memberi ruang untuk terbukanya hati Travis untuk diisi oleh orang bisa memenuhi keinginan itu, yaitu Renata. Renata pun memiliki rasa yang sama terhadap Travis. Jadilah mereka sepasang kekasih.
Lin, Sabrina dan Boas adalah sahabat. Mereka memiliki memiliki karakter yang sangat berbeda, tetapi perbedaan itu yang membuat mereka jadi saling melengkapi. Marvel yang juga semula memandang Lin sebelah mata justru memiliki perasaan berbeda setelah mengenal Lin.
Melvin, adik Sabrina dan Marvel yang memiliki sifat sangat cuek didekati oleh Belinda, adik Boas yang dari awal memang sudah tertarik pada Melvin. Belinda tak pernah menyerah untuk mendapat perhatian dari Melvin yang hanya peduli pada Penyu Eropa kesayangannya. Sampai pada saat natal tiba, Sabrina tak bisa merayakannya lantaran harus dirawat di rumah sakit karena penyakit leukimianya. Melvin yang mengetahui hal itu, seketika luluh hatinya dan menyadari bahwa dirinya juga tertarik pada Belinda.
Banyak berkat natal yang diterima oleh remaja-remaja dalam novel ini. Lin, akhirnya bisa memaafkan ayahnya yang telah lama meninggalkannya dan ibunya demi wanita lain. Boas dan Sabrina menjalin hubungan yang lebih dekat, saling mengisi satu sama lain. Melvin dan Lin menjadi orang yang memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Belinda, akhirnya mendapat perhatian dari Melvin. Marvel akhirnya juga bisa menerima keberadaan orang lain, yaitu Lin.
Kelebihan novel ini, penulis menggunakan kata-kata yang mudah diserap sehingga pembaca tidak kesulitan memahami jalan cerita. Banyak pesan-pesan moral yang terdapat dalam novel ini, tidak hanya untuk remaja tapi juga orangtua. Jadi pembaca dari kalangan mana pun tidak akan rugi membacanya.

*Tugas Bahasa Indonesia kelas XI*

0 komentar:

Posting Komentar