Pages

Subscribe:

Senin, 19 November 2012

Resensi Buku Pengetahuan


MERESENSI BUKU
Mengenal Air Bersih
Judul buku      :Cara Mendapatkan Air Bersih
Pengarang       :Drs. Hawigyo
Penerbi            :PT BALAI PUSTAKA (Persero)
Tahun terbit     :Cetakan tiga 2001
Tebal buku      :viii+31
           
            Manusia hidup tidak akan terlepas dari kebutuhan air bersih, terutama untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi dan mencuci. Akan tetapi, sekarang ini semakin sulit kita mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan.
            Dalam buku “Cara Mendapatkan Air Bersih” ini kita dapat mengetahui informasi tentang air bersih serta cara mendapatkannya.
            Pengadaan air bersih bertujuan mengusahakan air yang cukup dan sehat sesuai dengan persyaratan air minum, yaitu jernih; tidak berwarna/bening; tidak terasa manis, asin atau pahit; tidak berbau dan dapat menimbulkan busa jika air itu digunakan untuk melarutkan sabun.
            Kita mengenal berbagai sumber air yang dapat digunakan sebagai sumber air minum antara lain, air tanah dangkal, danau, dan sungai. Air yang kita dapatkan belum tentu air yang bebas dari bakteri (jentik-jentik nyamuk atau binatang lainnya). Oleh karena itu, cara membunuh bakteri perlu diketahui supaya kita dapatkan air minum secara mudah dan dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Cara yang dapat dilakukan adalah membunuh bakteri air dengan kaporit dan membunuh bakteri dengan kapur.
            Dalam mencari sumber air, kita dapat lakukan dengan cara seperti, pemanfaatan air tanah dangkal, pemanfaatan air permukaan, pemanfaatan air hujan, pemanfaatan air laut.
            Pada umumnya air permukaan seperti air sungai selalu keruh, terutama pada musim hujan. Oleh karena itu pengolahan air sungai secara garis besar bisa dilakukan.
            Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami sehingga pembaca mudah mengerti apa isi dan maksudnya.
Buku “Cara Mendapatkan Air Bersih”  layak dibaca oleh semua kalangan masayarakat, karena buku ini memberikan pengetahuan yang penting bagi kita semua dan cukup mendidik.

0 komentar:

Posting Komentar