Pages

Subscribe:

Rabu, 21 November 2012

Argumen


PENGARUH INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Teknologi telah berkembang begitu pesat. Salah satu bukti perkembangan teknologi yaitu internet. Dengan internet kita dapat menggali informasi dari berbagai sumber. Saat ini internet telah banyak digunakan, bahkan di sekolah pun telah diterapkan penggunaannya. Namun dengan diterapkannya penggunaan internet ini tentu saja juga membawa dampak buruk bagi para siswa, contohnya pada prestasi siswa SMP.

Siswa SMP pada umumnya masih tergolong sangat labil, belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk secara tepat. Maka siswa SMP masih butuh didampingi oleh orangtuanya. Misalnya pada saat mereka sudah bersentuhan dengan internet dan merasa internet adalah kebutuhan pokok  mereka, maka dari situlah yang seharusnya diperhatikan oeh para orangtua. Ketika siswa SMP sudah kecanduan dengan internet, mereka akan lalai pada kewajiban mereka, yaitu belajar. Itu akan mengakibatkan prestasi mereka menurun. Contohnya pada saat mereka mendapat tugas dari guru dan membutuhkan informasi dari internet, mereka akan mencari informasi dari berbagai sumber di internet. Namun ketika mereka melihat tawaran-tawaran hiburan menarik dari iklan di sumber-sumber yang didapatkan, mereka akan beralih mencari hiburan dan lupa mengerjakan tugasnya. Internet memang memudahkan dan sangat membantu pekerjaan, tapi internet juga membawa dampak buruk bagi siswa SMP. Adanya situs porno, game online dan situs-situs hiburan lainnya adalah hal yang membuat siswa SMP menghabiskan waktu di depan komputer/laptop bukan untuk belajar atau mengerjakan tugas melainkan hanya mencari hiburan. Karena itulah mereka melupakan kewajibannya untuk belajar dan prestasi yang seharusnya semakin baik dengan diberikannya fasilitas internet untuk memudahkan beajar mereka justru menurun. Oleh karena itu orangtua harus memperhatikan anaknya supaya bisa mengendalikan penggunaan internet dan tetap fokus pada pelajarannya di sekolah. Selain itu siswa SMP juga harus membentuk pola pikir mereka dengan baik supaya bisa berpikir lebih rasional dan bisa mengendalikan sikapnya.
Jadi internet akan sangat membantu untuk memudahkan pekerjaan bila menggunakannya dengan benar dan tidak disalahgunakan. Namun internet akan sangat berpengaruh buruk bila penggunanya tidak bisa mengendalikan penggunaanya.
Dalam mendampingi siswa SMP dibutuhkan kerjasama antara guru dan orangtua untuk memberi pengertian supaya mereka tidak menyalahgunakan internet hanya untuk mencari hiburan semata dan siswa SMP sadar bahwa diberikannya fasilitas internet adalah untuk memudahkan belajar mereka. Dengan begitu prestasi belajar siswa SMP justru akan meningkat dengan adanya internet bila bisa mengontrol penggunaanya.

*Tugas bahasa Indonesia kelas IX*

0 komentar:

Posting Komentar